Workshop Penyusunan Skema Kompetensi: Mendorong Inovasi dan Pengembangan Pendidikan

image
By On Tuesday, October 11 th, 2022 · no Comments · In

Pada tanggal 11 Oktober 2022, Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan menyelenggarakan Workshop Penyusunan Skema Kompetensi di ruang pelatihan mereka. Workshop ini dihadiri oleh 20 peserta yang merupakan dosen dari Universitas Airlangga. Acara ini bertujuan untuk mendorong inovasi dan pengembangan dalam pendidikan dengan fokus pada penyusunan skema kompetensi yang baru.

Workshop ini dipandu oleh dua pembicara ahli dalam bidangnya. ETO WURYANTO, Drs., DEA, dan YOSSY IMAM CANDIKA, S.E., M.SM, membawakan sesi presentasi dan diskusi mengenai metodologi dan strategi dalam penyusunan skema kompetensi yang efektif. Mereka berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka kepada peserta dalam mengidentifikasi dan mengembangkan skema kompetensi yang sesuai dengan tuntutan industri dan perkembangan terkini.

Selama workshop, para peserta bekerja sama untuk menyusun skema kompetensi baru. Melalui diskusi kelompok dan sesi tanya jawab, ide-ide inovatif diperoleh dan diterapkan dalam penyusunan skema kompetensi yang relevan dan up-to-date. Dosen dari Universitas Airlangga memiliki kesempatan untuk saling berbagi pengalaman dan memperluas wawasan mereka dalam menyusun skema kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dunia kerja.

Hasil dari Workshop Penyusunan Skema Kompetensi ini adalah penyusunan 10 skema kompetensi baru yang inovatif dan relevan dengan tuntutan industri. Skema-skema tersebut mencakup berbagai bidang keahlian yang berkaitan dengan program-program pendidikan yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga. Skema-skema ini nantinya akan diajukan untuk diverifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk memastikan kesesuaian dan kevalidan mereka.

Workshop Penyusunan Skema Kompetensi ini merupakan langkah penting dalam mendorong inovasi dan pengembangan pendidikan di Universitas Airlangga. Dengan adanya skema kompetensi yang relevan dan terkini, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri dan siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Melalui Workshop Penyusunan Skema Kompetensi ini, Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan dan peserta workshop telah memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan keberlanjutan sertifikasi kompetensi kerja di Indonesia. Diharapkan hasil dari workshop ini dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan kurikulum pendidikan dan memperkuat koneksi antara dunia pendidikan dan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *