Workshop Materi Uji Kompetensi (MUK): Meningkatkan Kompetensi Asesor dalam Menghasilkan Materi Uji Kompetensi yang Terbaru

Workshop Materi Uji Kompetensi (MUK): Meningkatkan Kompetensi Asesor dalam Menghasilkan Materi Uji Kompetensi yang Terbaru

image
By On Thursday, October 13 th, 2022 · no Comments · In

Pada tanggal 12 Oktober 2022, Workshop Materi Uji Kompetensi (MUK) digelar di ruang sidang Kahuripan 300. Workshop ini dihadiri oleh 44 peserta asesor yang berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Airlangga. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi asesor dalam menghasilkan materi uji kompetensi yang sesuai dengan perubahan terbaru dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Workshop ini dipandu oleh pembicara utama, Hari Setiyono, seorang Master Asesor dari BNSP. Dalam sesi presentasi dan diskusi, peserta workshop diberikan pemahaman mendalam tentang perubahan terbaru dalam penyusunan materi uji kompetensi. Hari Setiyono berbagi pengetahuan dan pengalaman praktis dalam menyusun materi uji kompetensi yang relevan, obyektif, dan sesuai dengan standar BNSP.

Selama workshop, peserta diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan berdiskusi tentang praktik terbaik dalam penyusunan materi uji kompetensi. Mereka memperoleh wawasan baru dan strategi yang efektif dalam memilih konten yang sesuai, merancang instrumen penilaian yang valid, dan mengembangkan panduan uji kompetensi yang komprehensif. Peserta juga melakukan latihan praktis dalam menyusun materi uji kompetensi berdasarkan perubahan terbaru dari BNSP.

Hasil dari Workshop Materi Uji Kompetensi ini adalah pengembangan materi uji kompetensi yang sesuai dengan perubahan terbaru dari BNSP. Materi ini mencakup pembaruan konten, instrumen penilaian, dan panduan uji kompetensi yang diperlukan untuk memastikan bahwa proses sertifikasi kompetensi kerja dilakukan dengan akurat dan sesuai dengan persyaratan BNSP.

Workshop Materi Uji Kompetensi ini merupakan upaya Universitas Airlangga dalam meningkatkan kompetensi asesor dan mengikuti perubahan terbaru dalam penyusunan materi uji kompetensi. Dengan adanya workshop ini, diharapkan asesor LSP Universitas Airlangga dapat menyelenggarakan uji kompetensi yang berkualitas dan sesuai dengan standar industri.

Melalui Workshop Materi Uji Kompetensi ini, Universitas Airlangga dan peserta workshop telah memberikan kontribusi penting dalam memastikan bahwa proses sertifikasi kompetensi kerja di Indonesia dilakukan dengan standar yang tinggi. Diharapkan hasil dari workshop ini dapat meningkatkan kualitas sertifikasi kompetensi kerja dan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap tenaga kerja yang memiliki sertifikat kompetensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *