Recognition Current Competency (RCC): Memperpanjang Masa Aktif Lisensi dan Meningkatkan Kompetensi Asesor LSP Unair

Recognition Current Competency (RCC): Memperpanjang Masa Aktif Lisensi dan Meningkatkan Kompetensi Asesor LSP Unair

image
By On Thursday, November 10 th, 2022 · no Comments · In

Pada tanggal 3-5 November 2022, Universitas Airlangga menggelar acara Recognition Current Competency (RCC) di ruang Kahuripan 303. Acara ini bertujuan untuk memperpanjang masa aktif lisensi para Asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unair yang lisensinya hampir habis. RCC juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi asesor agar mereka dapat melaksanakan uji kompetensi kepada mahasiswa peserta.

Dalam RCC ini, Universitas Airlangga menghadirkan dua pembicara utama yang merupakan master Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yaitu Suyanto dan Rachmat Farich. Kedua pembicara berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam menjalankan tugas sebagai Asesor LSP. Mereka membahas berbagai aspek terkait dengan penilaian kompetensi dan memberikan panduan praktis kepada peserta RCC.

Workshop ini diikuti oleh 24 peserta yang merupakan asesor dari LSP Unair. Peserta RCC telah melewati seleksi ketat dan merupakan asesor yang berdedikasi dan berpengalaman. Selama acara, peserta terlibat dalam diskusi, studi kasus, dan latihan praktis yang bertujuan untuk memperbarui pengetahuan dan meningkatkan keterampilan mereka dalam melaksanakan uji kompetensi.

Setelah menyelesaikan RCC, seluruh peserta dinyatakan lulus dan memenuhi syarat untuk memperpanjang masa aktif lisensi mereka sebagai Asesor LSP Unair. Keberhasilan peserta ini menunjukkan kompetensi dan dedikasi mereka dalam melaksanakan tugas sebagai asesor yang profesional. Dengan memperpanjang masa aktif lisensi, mereka dapat terus memberikan uji kompetensi kepada mahasiswa peserta dengan kualitas yang terjamin.

Recognition Current Competency (RCC) Universitas Airlangga merupakan langkah penting dalam memastikan keberlanjutan dan kualitas sertifikasi kompetensi kerja di LSP Unair. RCC memperbarui pengetahuan dan keterampilan asesor sehingga mereka dapat terus berkontribusi dalam memastikan mahasiswa peserta memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Melalui RCC ini, Universitas Airlangga dan peserta RCC telah memberikan upaya nyata dalam meningkatkan kompetensi asesor dan memastikan kualitas sertifikasi kompetensi kerja di Indonesia. Diharapkan hasil dari RCC ini akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan dan memperkuat hubungan antara universitas, industri, dan masyarakat dalam mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *