Asesor Kompetensi (Askom): Meningkatkan Kompetensi Dosen sebagai Asesor Uji Kompetensi

image
By On Sunday, December 11 th, 2022 · no Comments · In

Pada tanggal 6-10 Desember 2022, Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan Universitas Airlangga menyelenggarakan acara Asesor Kompetensi (Askom) di ruang belajar dan pelatihan mereka. Acara ini dihadiri oleh 19 dosen Universitas Airlangga yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mereka sebagai asesor uji kompetensi.

Askom dihadiri oleh dua narasumber utama dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yaitu Ibu Sumiati dan Ibu Solichatun. Kedua narasumber ini merupakan master asesor yang memiliki pengalaman dan pengetahuan mendalam dalam bidang sertifikasi kompetensi kerja. Selain itu, acara ini juga menghadirkan dua Master Asesor Penguji, Ibu Lisa Natalia dan Ibu Nurul Indah Susanti, yang memberikan panduan dan arahan kepada peserta dalam melaksanakan uji kompetensi.

Selama acara Askom, peserta terlibat dalam berbagai sesi presentasi, diskusi, dan latihan praktis yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang tugas dan tanggung jawab sebagai asesor uji kompetensi. Mereka mempelajari berbagai teknik penilaian, metode observasi, dan cara menyusun laporan hasil uji kompetensi yang akurat dan obyektif. Peserta juga berkesempatan untuk bertukar pengalaman dan memperluas jaringan dengan sesama asesor.

Setelah menyelesaikan Askom, 19 peserta dinyatakan lulus dan memenuhi syarat untuk menyandang status sebagai asesor yang bertugas dalam melaksanakan uji kompetensi terhadap mahasiswa Universitas Airlangga. Keberhasilan peserta ini menunjukkan kompetensi dan kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas sebagai asesor yang berkualitas dan profesional.

Asesor Kompetensi (Askom) merupakan langkah penting dalam memperkuat keberlanjutan sertifikasi kompetensi kerja di Universitas Airlangga. Dengan meningkatkan kompetensi asesor, diharapkan proses uji kompetensi dapat dilaksanakan dengan standar yang tinggi, sehingga mahasiswa dapat memperoleh sertifikasi yang diakui secara nasional.

Melalui Asesor Kompetensi (Askom), Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan Universitas Airlangga telah memberikan upaya nyata dalam meningkatkan kompetensi dosen sebagai asesor uji kompetensi. Diharapkan hasil dari Askom ini dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas pendidikan, mempersiapkan mahasiswa dengan kompetensi yang relevan, serta memperkuat hubungan antara universitas dan dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *